Bagaimanakah Seorang Jomblo Survive di Perantauan?

by - 7:00 PM


"Nyil, berapa kali aku bilangin, kamu tuh di sini sendiri mendingan kamu cari pacar deh. Kan enak kalo bosen di kost, ada yang ngajakin jalan. Kalo lagi laper males keluar, ada yang beliin makan. Jangan persulit hidup kamu sendiri."

Begitulah sekiranya nasehat temen kerjaku 2 tahun yang lalu. Saat itu aku pikir bener juga, jadi pas mereka comblangin aku sama temennya aku iya iya aja. Tapi begitu doi nge-chat atau ngajakin jalan, rasanya gak nyaman banget, apalagi kalo lagi nemu yang basa-basi sumpah sekali mereka bikin aku illfeel gak akan lagi deh aku tanggepin. Begitulah love life aku berjalan selama ini. Sok-sokan flirting, pas diajakin dating malah melipir.

Setelah dua tahun lebih aku hidup di kota orang gini, rasanya nasehat temenku tersebut nggak lagi valid buat aku. Yap sesekali aku emang ngerasa kaya butuh orang yang mau nemenin, tapi enggak harus cowok juga. Tapi aku cenderung menikmati kesendirianku kaya gini, bisa main dengan egois dan santai. Gak usah repot-repot sungkan dan nahan diri cuma karna selera makan dan film temen beda. Pokoknya asik lah.

Dan beginilah cara aku hidup di perantauan sendiri tanpa kesulitan walaupun gak punya pacar.

1. Fokus sama tujuan dan pencapaian
sumber : wattpad

Sebenernya bukan ini yang utama buat aku. Tapi setiap orang pasti tujuan setiap bekerja, entah cuma untuk menghabiskan waktu, bener-bener mencari uang buat biaya hidup, atau cuma menunda nikah muda. Intinya kalau tujuan jelas dan kita bener-bener pengen meraih itu, masalah punya pacar atau enggak bakal jadi urusan nanti.

2. Nikmati masa-masa sendiri
sumber : romper.com

Seperti yang aku bilang sebelumnya, ada banyak hal seru yang bisa dinikmati walaupun nggak ada pacar. Entah belanja tanpa diganggu atau cuma haha-hihi cantik sama temen-temen tanpa diganggu telpon tiba-tiba.

3. Manfaatkan waktu luang untuk istirahat
sumber : tenor.com

Kata siapa kerja nggak capek? Kata siapa sekolah nggak capek? Apalagi setiap hari kudu ketemu sama orang-orang dengan berbagai jenis kepribadian. Lelah? Jelas. Dan satu-satunya obat yang ampuh adalah istirahat dan refreshing. Setiap orang sendiri pasti punya caranya masing-masing untuk mengobati hal tersebut. Mulai dari tidur, jalan-jalan, makan, nongkrong, traveling, macem-macem lah pokoknya. Kalo aku sendiri lebih suka tidur, me time atau nggak ya sok-sokan beres-beres kamar.

4. Lakukan sesuatu yang pengen banget kamu lakuin
sumber : gif-finder

Dari kecil aku tuh suka bolang dan menyendiri, aku pernah punya keinginan buat kerja di kota besar dan tinggal di sana untuk beberapa tahun, ngerintis usaha sendiri dan kasih keluargaku sekarang sumber keuangan walaupun nantinya aku udah nggak ada. Lucu ya? Ibuku aja ketawa menjijikkan pas aku ceritain hal ini ke dia. Dan bakalan nggak mungkin rencanaku tersebut bisa dicapai kalo udah punya pasangan, karna tentu prioritas akan beda lagi.

Nah begitulah kenapa aku tetap baik-baik aja walaupun merantau tanpa punya pasangan. For me pasangan memang bisa jadi penting, tapi selagi masih sendiri, melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan kala punya pasangan juga jauh lebih penting.

sumber gambar : wattpad

You May Also Like

0 comments