Jadi Blog yang Niche Atau Tetap Gado-Gado?

Kalo kalian baca artikel dengan tag how to start blogging, pasti ada salah satu tips yang kira-kira berbunyi, "pilihlah topik utama blogmu" dan tidak bisa dipungkiri topik itu memang mempengaruhi visitors lebih tepatnya menyaring.

But for me i can't decide.

Ya setidaknya untuk saat ini aku belum bisa memutuskan mau jadi blog seperti apa unyilog ini. Apakah akan tetap menjadi unyil daily log yang menceritakan cerita harian dari manusia gak penting ini, ataukah aku kudu merubah blog ini menjadi satu topik yang jelas.

Untuk itu di sini aku ngumpulin beberapa topik yang mungkin saja bisa relate sama blog ini.

1. Beauty

sumber gambar : fashiongonerogue

Aku memang bukan seorang beauty junkie, tapi aku suka dandan. Dan salah satu produk yang aku suka adalah lipstik, yap pemulas bibir merupakan benda yang menurutku amazing, dengan perbedaan warna bibir aja aku udah bisa menunjukkan side yang sedikit berbeda.
Dan lagi audience dari topik ini bener-bener menarik, i mean kalo seseorang tertarik membaca sama satu tulisan sangat besar kemungkinan dia bakal eksplore ke tulisan yang lain. Tapi aku nggak bisa milih topik ini, karna yah aku nggak sesering itu membeli beauty product, baik make-up ataupun skincare.

2. Art & Craft
sumber gambar : Brian S's Pinterest

Kalau mereview ulang tulisan-tulisan awal di postingan ini, rata-rata isinya tugas aku sewaktu SMA yaitu soal graphic art (yang beberapa aku private). Sayangnya aku cuma bisa ngelakuin itu pas ada mood aja, dan juga kondisi laptopku sangat nggak memungkinkan sekarang untuk sekedar iseng-iseng bikin line art.

3. Travel
sumber gambar : bestanimations

Akhir-akhir ini aku memberanikan diri untuk mbolang, walaupun cuma di dalam kota aja karna minimnya budget. Aku juga punya rencana untuk backpackeran dalam waktu dekat. Tapi karna beberapa alasan aku juga nggak bisa sesering itu keluar dan pergi untuk eksplor tempat baru.

4. Food
sumber gambar : Kittypurry's Pinterest

Aku suka masak dan aku juga suka makan, yah walaupun aku berusaha mati-matian buat diet. Tapi karna keadaan kos aku lagi nggak memadai buat masak-masak, jadinya aku cuma bisa masak kalau lagi di rumah. Dan intensitas aku pulang ke rumah pun paling sering cuma setahun 4 kali.
Sedangkan untuk makan sendiri, akhir-akhir ini aku cenderung makan yang itu-itu aja esp junkfood, dan aku rasa itu bukanlah hal yang sehat jadi its not a good thing to share.

5. Cerita Pendek & Cerita Bersambung
sumber gambar : perfectthewayyouarerightnow

Ini adalah hal yang paling susah. Entahlah akhir-akhir ini aku ngerasa kesulitan banget bikin cerita yang utuh dan layak baca. Jangankan cerpen, flash fiction aja gak pernah bisa tuntas. Entah mungkin imajinasiku yang nggak jalan, atau mungkin kehidupanku terlalu membosankan sehingga tidak ada sedikitpun ispirasi.


Hal yang bikin aku susah buat niche adalah, aku nggak punya hal spesifik yang bener-bener aku sukai, at least now. Aku suka sama semua hal di atas dan kalo punya kesempatan aku pengen membanggikan dan mengabadikan cerita-cerita tersebut, setidaknya biar bisa aku baca sendiri di kemudian hari.






You Might Also Like

2 comments

  1. Haha iya blog aku juga masih gado2, dan kalo disuruh harus spesifik aku bingung mau niche nya apa... sejauh ini masih nyaman2 aja sih sama blog yg gado2

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin memang nggak terlalu mendalami satu hal banget jadi bisa spesifik.

      Delete