Grow Up Journal

by - Saturday, August 29, 2020


 
Sudah sekian lama aku gak update soal bujo karna bujo yang aku buat beberapa bulan terakhir bener-bener cuma on purpose dan boring. Yang paling penting aku punya sheet untuk money and budgeting aja. 
 
Beberapa bulan pasca lebaran aku bener-bener kaya gak punya semangat gitu, I have no power to do something, even di kerjaan aku sampai kena tegur karna sempat istirahat selama 4 hari. Rasanya tuh kaya harapan-harapan sama semua rencana aku hangus semua tanpa sisa gitu aja.

Akhir bulan Juli kemarin setelah usiaku tepat bertambah setahun, aku merenung lama, mikirin sejauh mana pencapaian aku selama ini, dan ternyata gak ada satupun. Kaya aku bener-bener kecewa sama diri aku sendiri. Time is ticking tapi aku masih stuck di tempat yang sama, mau sampai kapan diam di satu tempat terus tanpa menghasilkan apa-apa.

Lalu karna keisengan aku rewatch beberapa video di kanal youtube Alivia D'Andrea, ada secerca harapan buat bangkit Dari situ aku pikir aku kudu menata ulang semuanya, mulai dari lifestyle hingga budgeting, serta goals aku ke depannya. Hingga akhirnya jadilah jurnal ini.
 
Beginilah penampakannya setelah corat-coret beberapa hari.
 
1. Introduction



BTW aku nyontek cara Alivia kasih judul, jadi yah begitulah. Di halaman intro ini aku jelasin my dream self, aku tulis apa yang aku mau di diriku di masa depan. Aku siapa, apa yang aku kerjain, bagaimana aku berpakaian, apa yang aku makan, apa kebiasaanku dst. Pokoknya everything that i want to happen and feel to me.

 
2. Problem and Solution
 
 

Di sini aku tulis beberapa kekurangan aku yang menurutku bikin aku jadi nggak bisa tumbuh berkembang menjadi pribadi yang aku inginkan. Kemudian menuliskan beberapa solusi untuk mengakali, mengatasi atau bahkan menghilangkan hal-hal buruk tersebut.


3. Routine



Seperti habit tracker yang sebelumnya pernah aku bikin, aku tulis beberapa kegiatan baik yang menurutku bagus buat dijadikan kebiasaan. Aku bagi hal tersebut menjadi dua, yang bisa dilakukan malam ataupun pagi sebelum beraktivitas. Di luar jam tersebut tentu aku menggunakan hidupku buat orang lain, tapi di luar jam kerja, aku harap si aku bisa lebih mendevelop diriku sendiri.
 
4.  Food and Exercise

"Aku makan karna aku lapar, aku makan karna aku butuh energi, aku makan karna aku harus bertahan hidup. Bukan untuk bersenang-senang."

Diet itu agak susah buat aku. Ada satu tips yang bilang, "jangan terlalu sering makan sesuatu yang menambah nafsu makannya." It was hard for me, karna aku suka sayur-sayuran. Aku bisa nambah beberapa porsi dalam sekali makan kalau ada sayur di situ. 
Exercise pun aku belum nemu metode yang bener-bener cocok buat aku. 
So I would update this chapter when i find a very work method for me.

5. Money and Budgeting

(omg, i forgot to take picture of this page, i'll update it as soon as possible)

I recently using money envelope system to organize my spending, aku udah beberapa bulan nerapin ini dan it was such a good plan. Bulan lalu aku nyoba dengan format yang sedikit lebih fleksibel, yaitu dengan menyederhanakan beberapa post saja. Aku lebih milih buat bikin post rent, save, skincare, selebihnya aku bikin budget mingguan, jadi aku belanja mingguan ambil dari situ. 


Yap seperti itulah my bujo terbaruku, masih sedikit messy dan monoton seperti gayaku sebelumnya. But, if you guys have any interest about this kind of stuff, just let me know down bellow and it would be nice if you want to share anything. See yaa ^^

You May Also Like

4 comments

  1. kadang memang ada satu fase dalam hidup yang kita ngerasa stuck, bingung mau ngapain, kaya ngga ada energi.. kalau dibiarkan berlarut dan segera bangkit bener2 bikin kita gak berkembang.. aku pun pernah di fase itu sih..

    caramu untuk bangkit cukup unik dan menarik yaa.. semoga bisa konsisten dan menemukan semangat yang menggebu untuk terus berkembang yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya kaya useless banget gitu tapi ya gimana, life must go on.
      btw makasih bang aku cari referensi dari orang lain juga, semoga bisa nemuin celahnya lagi, aamiin.

      Delete
  2. Sistem amplop itu...sampai sekarang aku susah banget mau nerapin itu. Padahal itu sungguh berguna, ngerem pengeluaran yang enggak-enggak. Btw keren loh design coret-coretannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesulitan aku selama ini tuh karna malas tarik tunai, jadi kadang agak keteteran di situ. yang paling penying biaya buat kost udah tersisih hahahahaha.
      makasih mbak.

      Delete